Monday, August 8, 2016

IKEA Alam Sutera, Belanja atau Tamasya?

Akhirnya hari sabtu, ayo jalan-jalan !!! #weekendwarrior
Ke IKEA Alam Sutera, terus
Ke Informa bandingin harga, terus
Ke Chandra Karya biar kayak di tipi-tipi, terus
Ke AEON untuk pertama kalinya, terus
Ke ICE BSD sekalian cek buat GIIAS.

LETS GO



Berangkat setelah isi perut dengan nasi uduk sekitar jam 10an. Cek-cek gmaps sih cuma 30 menit. Oh ternyata lebih dari itu, karena di gerbang tol karang tengah rame banget. Antri panjang yang diperparah sama banyaknya bus dan truk, yang kemungkinan ke Merak. Tips aja, siapin E-toll, E-money atau apalah itu. Karena lebih banyak gerbang tol yang otomatis dari pada yang ada pelayannya (manual). Lumayan hemat waktu sekitar 5-10 menit. Iya ga ngepek banyak, karena dari awal tetep umpel-umpelan dulu cuma pas ujung antrian baru dipisah gerbang tol-nya.

Akhirnya sampe, berhubung ini kunjungan ke dua, jadi gak norak-norak amat. Secara garis besar sih cara belanja di sini, kita di liatin dulu ke showroom sekalian catet-catet yang mau dibeli, terus isi perut dulu sampe kenyang baru deh pilih-pilih barang dan bayar. Kalo ada kembalian Rp. 4.000 bisa di tuker sama satu eskrim cone deh. Ini jadi sistem baku yang berlaku di setiap IKEA.


Showroom ini sangat menggiurkan, jadi barang di susun sedemikian rupa agar lebih real dengan kondisi di rumah. Bahkan beberapa spot ada yang menawarkan setting-an rumah 40M dan 55M dengan full furnish dari IKEA. Ini salah satu yang membedakan IKEA dengan toko mebel lain. Ada juga sih yang jual langsung dijejerin gitu aja, cuma dibagi per-area, misalnya ruang tengah, perabotan kantor dan untuk anak.




Lanjut keatas lagi, tempat yang memuaskan nafsu perut. Tempat makan disini rame banget, kayaknya banyak yang dateng kesini cuma buat makan siang deh. Atau mungkin foto-foto di showroom terus makan. Tapi emang makananya di sini enak-enak. Terlihat dari foto yang rame banget buat pilih makanan. Yang paling hits ya si bakso swedia, tapi sekarang udah ada ayam bakar taliwang juga lho.


Dan sampelah di spot favorit para Instagramer, tempat kita ambil barang sebenernya. Setelah tadi cocok sama barang yang di showroom saatnya belanja disini. Ada kode-kode yang memudahkan kok. Dan rak-raknya juga udah dibagi-bagi sih. Jadi memang konsep awal IKEA, tempat belanja yang tidak harus merepotkan pembeli saat membelinya, karena di IKEA ini sudah di pak-pak sedemikian rupa sehingga memudahkan kita untuk membawa-nya dan tinggal merakitnya nanti di rumah kita masing-masing.





Tempat terakhir ya pastinya bagian bayar-bayar. Maunya sih bisa ambil-ambil aja barang tanpa bayar yah? Tapi sayangnya ini bukan Toko milik keluarga sendiri. Sebelum sampe di kasir, ada bagian barang-barang yang didiskon gede-gedean. Biasanya barang disini ada cacat sedikit tapi masih layak banget untuk dibeli, walaupun nama sudut ini "as is" tapi IKEA berbaik hati nyasih tahu bagian mana yang minus.

Setelah bayar-bayar, ada lagi spot surga, yaitu si eskrim cone RP. 4.000. Emang sih ini bukan eskrim cone yang paling enak yang pernah ada. Tapi setelah muter-muter keliling IKEA, kayaknya wajib deh beli eskrim yang masih kembali seceng kalo kita kasih goceng. Kurang lebih antusias anak-anak di bawah gambarin gimana enaknya ini eskrim.



Ada beberapa tips setelah ke IKEA.
  1. Siapin e-money 
    kayak yang sudah dibahas di atas, gerbang tol karang tengah pulang dan pergi itu penuh banget.
  2. Siapin perut
    kalo emang niat belanja dan mau muter-muter juga lumayan makan tenaga lho ternyata, kami yang dalam keadaan kenyang pas sampe aja masih kelaparan dan akhirnya makan pas pulang. Apalagi kalo belum makan, bisa “ngesot” muterin showroom-nya.
  3. Siapin juga dibawah perut
    bukan karena fasilitas disini kurang, enggak kok, toiletnya bersih dan bahkan musolla nya juga bersih. Tapi lokasinya agak sulit terjangkau, jadi mending dari awal sudah ke toilet dulu. Biar ga di tengah asik muter-muter harus cari toilet.
  4. SALE
    Diskon? Beneran? Mungkin emang ga banyak ya yang tertarik dengan sale IKEA- karena memang barang yang disale tidak banyak, pun yang banyak adanya di bagian “as is” dimana biasanya ada cacatnya. Jadi jangan datang ke sini karena lagi sale.
     

  5. Googling,
    Bukan bandingin harga dengan toko-toko online yang jual barang IKEA. Karena pasti jauh lebih murah kalo kita datengin langsung IKEA nya. Googling disini maksudnya barang sejenis tapi dari produsen yang berbeda. Bandingin harga kayak rencana diawal, bisa ke Informa atau ya googling random aja. Tidak semuanya lebih murah di IKEA dan tidak semuanya juga lebih mahal di IKEA.
  6. Datang lebih pagi
    mau belanja atau mau tamasya, sepertinya akan lebih baik datang lebih awal, waktu kami ke IKEA, sampai jam 11an (mungkin udah kesiangan juga) tapi parkiran masih sepi, showroom juga masih agak lengang, tapi pas udah mau pulang, ampun deh cari parkir aja susah.

Itu aja kayaknya, kalo kita kemarin sih dibalik, jadi liat-liat di showroom, langsung ke tempat beli dan selesai dulu urusan perbelanjaan sampe packing ke mobil, baru balik lagi untuk makan.



Mari pulang.

No comments:

Post a Comment