Sunday, August 14, 2016

Streetphotography adalah Foto Jalanan #resignphotoseries


Terlalu banyak contoh foto streetphotography yang beredar di sekeliling kita, banyak tipenya, banyak gaya ambilnya, banyak caranya. Ada yang selalu hitam putih, ada yang selalu candid, ada yang selalu mengajak berbicara si obyek / subyek foto, dan lain-lain sebagainya.





Streetphotography sendiri menurut saya gampangnya diartikan sebagai foto jalanan. Jalanan disini bisa diartikan sebagai tempat, dimana semua jalanan bisa dikategorikan sebagai streetphotography, dan apakah di dalam gedung bisa masuk kedalam kategori ini juga? Bisa saja karena memang di dalam gedung juga memang ada jalanannya.

Atau juga jalanan disini diartikan sebagai segala sesuatu yang “urakan” atau tidak beraturan. Lebih gampangnya, tidak ada peraturan baku untuk masuk ke dalam kategori ini. Tidak ada batasan speed shutter, karena ada  ada foto yang diambil dengan kecepatan shutter yang tinggi ataupun dengan kecepatan shutter yang rendah. Tidak ada batasan saturasi, karena menang terlalu banyak streetphotography yang diolah / diambil dengan format hitam putih, tetapi tidak sedikit juga streetphotography yang sangat indah dan bisa kita nikmati dengan warna-warni yang hidup.

Jadi memang tidak ada batasan untuk street photography ini. Jadi boleh dong saya menyebut #resignphotoseries sebagai sebuah karya streetphotography. Dan inilah foto-foto untuk minggu ini.

Enjoy







No comments:

Post a Comment